Robot Diyakini Akan Gantikan Beberapa Profesi Ini Pada Tahun 2040

Robott

Robot diyakini akan mengambil alih beragam profesi manusia, salah satunya profesi coding software secara khusus pada 2040.

Hal ini diungkapkan oleh sekelompok peneliti dari Texas Pokercc Lab Nasional Oak Ridge di Amerika Serikat. Mereka meyakini algoritma machine learning dan kecerdasan buatan akan menggantikan pembuatan kode dari manusia.

Pada sebuah makalah bertajuk “Will Human Even Write Code in 2040 and What Would That Mean fot Extreme Heterogeneity in Computing?” dijelaskan, selama lebih dari dua dekade, coding mulai dilaksanakan secara otonomos dan teknologi cerdas lainnya.

“Popularitas pemrograman menunjukkan bahwa pengembangan software akan mengalami peningkatan pesat di masa depan. Gabungan antara machine learning, kecerdasan buatan, natural language processing, dan teknologi coding akan meningkat drastis, sehingga pada 2040, kebanyakan kode software akan dijadikan oleh mesin, bukan manusia,” kata para peneliti.

Tentunya, hal ini bukanlah isu bagus bagi para programmer software yang mahir di depan keyboard dan layar komputer selama bertahun-tahun.

Tapi, hal ini belum dianggap sebuah akhir bagi para programmer software. Mereka konsisten dibutuhkan untuk mengawasi kode yang dijadikan oleh mesin dan robot.

“Mesin atau robot akan menuliskan kode di bawah arahan manusia sehingga hal hal yang demikian memungkinkan manusia untuk lebih merasakan hidup, apalagi bila kita kesusahan membikin metode,” kata peneliti hal yang demikian.

Dengan demikian, robot dan manusia dapat berprofesi sama membikin kode program yang lebih kencang.

Profesi Manusia yang akan Digantikan Robot
kecerdasan robot serta teknologi kecerdasan buatan meningkatkan fobia manusia pada teknologi hal yang demikian. Karena majunya teknologi kecerdasan buatan, sejumlah profesi manusia malah terancam digantikan oleh robot.

Pun, dalam sebuah laporan diceritakan ada sebagian profesi yang semula dilakukan manusia akan dilakukan oleh robot. Apa saja?

Berdasarkan analitik institusi Occupational Information Network (O*NET), ada sebagian profesi manusia yang dapat digantikan oleh robot. Tidak butuh waktu lama, para robot ini siap menggantikan posisi manusia mulai dari kini.

Berikut 12 profesi yang diramalkan akan diambil alih oleh robot:

  1. Paramedis
  2. Tour Guide
  3. Petugas kantor pos
  4. Petani
  5. Spesialis robotik
  6. Pegawai bea cukai
  7. Pengukir
  8. Spesialis kimia
  9. Operator telepon
  10. Petugas ATC (Air Traffic Controller)
  11. Agensi Travel
  12. Pemeriksa asuransi properti

Soal robot yang akan menggantikan profesi manusia, telah menjadi ketakutan yang mengancam keberadaan umat manusia. Tapi, di mata venture capitalist Marc Andreessen, fenomena semacam ini terjadi tiap-tiap 25 sampai 50 tahun. Kenyataannya, tidak ada yang benar-benar terjadi.

Andreessen, yang ikut serta memaksimalkan Netscape, menyebut obsesi robot akan menggantikan manusia telah terjadi semenjak 100 tahun lalu.

Saat itu Dominoqq Terpercaya, manusia takut akan ketidakhadiran kendaraan beroda empat yang disebut akan menggantikan pekerja manusia. Tapi terbukti industri kendaraan beroda empat kini sudah menjadi salah satu bidang dengan pekerja manusia terbanyak.

Leave a comment